Barito Utara lakukan pengendalian hama terpadu

dinas pertanian kabupaten barito utara, bekerjasama melalui balai perlindungan tanaman pangan provinsi kalimantan sedang menyelesaikan aktifitas sekolah lapang-pengedalian hama terpadu (sl-pht) supaya mengamankan produksi pertanian.

kegiatan ini dilakukan petugas penyuluh lapangan dan sejumlah grup tani dalam empat kecamatan, kata kepala dinas pertanian, perikanan juga peternakan barito utara (barut), iwan fikri dalam muara teweh, senin.

menurut iwan, model sl-pht ini dilaksanakan antara lain di kecamatan teweh sedang, teweh selatan, gunung timang juga kecamatan montallat.

kegiatan ini untuk menekan penentu kehilangan produksi tanaman baik tanaman pangan, sayuran serta holtikultura.

Informasi Lainnya:

hal tersebut diakibatkan keberadaan serangan organisme pengganggu tumbuhan (opt) maupun dampak daripada penomena iklim (dpi) baik kekeringan maupun banjir, makanya petani mampu mengalami kerugian juga menekan pendapatan dan kesejahteraan mereka, papar iwan.

dalam model tersebut peserta latihan diimbau agar dalam melakukan pengendalian pengendalian opt sesuai melalui konsep pengendalian hama terpadu (pht).

pht tersebut dilaksanakan dengan langkah pengaplikasian sistem budidaya tanaman sehat, pemanfaatan musuh tidak berbahaya, pengamatan berkala serta sekaligus petani untuk ahli pht melalui prinsip utama memangkas pemakaian pestisida yang tak efesien juga tak tepat, oleh karenanya mampu menekan residu pestisida juga pencemaraan lingkungan.

Entri Populer